Minggu, 09 Desember 2012

Hari Anti Korupsi Sedunia

Bismillahirrahmanirrahim
Selamat hari anti korupsi sedunia!. Semoga bukan sekedar ucapan ya, hingga bangsa Indonesia bisa terlepas dari korupsi.
Korupsi bagai monster yang selalu menakutkan di seluruh dunia. Terbukti, di negara China warga yang ketahuan melakukan korupsi akan dihukum mati. Tindakan seperti itu tentu tidak terlepas dari rasa takut bangsa China akan korupsi yang merajalela. Bahkan ada satu ungkapan yang mengatakan "Lebih baik jadi orang miskin, tidak ada ladang untuk korupsi daripada menjadi orang kaya atau pejabat yang ladang korupsinya ada dimana-mana". Ungkapan satir yang bisa diambil hikmahnya.
Kejahatan yang dilakukan oleh orang-orang kaya atau berkuasa akan lebih menakutkan dibanding kejahatan yang dilakukan orang tidak mampu. Logikanya, orang-orang kaya dan berkuasa bisa melakukan kejahatan tingka internasional yang salah satunya korupsi. Orang tidak mampu sekejam-kejamnya, hanya akan melakukan pencurian, pembunuhan beberapa orang saja, penipuan, dll. Namun, bukan berarti hal itu dibolehkan yah, tentu saja tidak boleh. Jika orang-orang kaya atau penguasa yang berbuat kejahatan misalnya korupsi, ia bisa membunuh atau bahkan menyengsarakan ribuan orang sekaligus. tentu lebih menyeramkan bukan?
Untuk Anda para pelajar atau mahasiswa yang tengah atau akan menghadapi UAS sebaiknya berhati-hati. Korupsi dimulai dari hal-hal kecil yang kadang tidak terasa. Perbuatan menyontek itu salah satu penyebab tidak bisa terlepasnya bangsa Indonesia dari korupsi. Jika seseorang telah biasa melakukan perbuatan tersebut, ia akan terus melakukannya hingga dewasa. Menyontek itu dilakukan karena ingin mendapat nilai bagus tapi dengan jalan pintas. Begitupun dengan korupsi. Para pejabat itu korupsi karena ingin kaya, mengganti uang kampanye nya yang terbuang sangat banyak. Ingin balik modal dengan cara pintas yang sesat.
Jangan sampai Anda yang mengaku pelajar atau mahasiswa masih menyontek. Mengaku anti terhadap orang yang korupsi tapi masih saja menyontek saat UTS atau UAS. Sangat tidak wajar. Jika sistem pendidikan yang disalahkan saya rasa tidak adil. Tidak ada yang perlu disalahkan, seharusnya ada pembenahan dalam dunia pendidikan dan pada masyarakat Indonesia. Selayaknya hal tersebut dilakukan bersama, tidak berjalan sendiri-sendiri.
Jadi, dalam rangka Hari Anti korupsi sedunia juga bagi Anda yang akan menghadapi UAS mari mencegah korupsi dari hal-hal kecil di sekitar kita. Ingin bangsa Indonesia terbebas dari korupsi kan?. Mulailah dari SEKARANG JUGA :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar