Selasa, 14 Februari 2012

Kuliah? Bingung Pilih Jurusan? Check This Out!


Ujian Nasional sebentar lagi akan datang, semua siswa pasti sibuk mempersiapkan diri. Semua berharap bisa lulus dari SMA tentunya juga dengan nilai yang memuaskan. Lalu setelah lulus mau kemana? Yak benar ! Sebagian besar siswa pasti ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Di dunia perkuliahan jelas berbeda dengan SMA. Di Universitas/Perguruan Tinggi, mahasiswa akan dikelompokkan berdasarkan jurusan masing-masing. Nah dalam memilih jurusan ini jangan asal sembarangan pilih looooh, karena akan sangat berpengaruh di masa depan. Mau tau tipsnya? Check it out :D
1. Pilih jurusan yang benar-benar kamu minati.
Jangan memilih jurusan hanya karna jurusan tersebut bergengsi tinggi atau banyak diminati. Contohnya jangan memaksakan diri pilih jurusan kedokteran padahal ngga suka pelajaran biologi atau biologi aja remedial terus. Kalau tetep dipaksain nanti kamu sendiri yang susah. Hasilnya? kuliah bakal ngga lancar dan mungkin bisa di Drop Out. Nah kalo masuk jurusan yang emang disukai, kuliah akan terasa menyenangkan. Dan kalo udah terasa menyenangkan pasti ngga akan terasa sulit dan malah jadi lebih berprestasi :D
2. Diskusikan dengan Orang Tua
Tidak bisa dipungkiri orang tua punya andil yang cukup besar dalam menentukan masa depan kamu. Namun bukan berarti kamu menuruti semua keinginan orang tua, terutama dalam hal penjurusan. Pilih waktu yang tepat untuk sekedar berdiskusi tentang masalah ini. Utarakan jurusan apa yang kamu ingini, disini kamu bisa saling bertukar pikiran. Jika kamu sudah satu pikiran dengan orang tua tentunnya hal ini akan mempermudah kamu kedepannya.
3. Kumpulkan Info
Karena kuliah ini menyangkut masa depan kamu, jangan asal pilih jurusan karena kedengerannya keren. Kamu harus benar-benar tahu seluk beluk dari jurusan yang kamu minati termasuk Perguruan Tingginya. Mulai dari pelajarannya, prospek kerja, sampai ke hal-hal detail yang kamu harus tahu. Cari info juga dari kerabat atau teman yang sudah kuliah di jurusan tersebut untuk mengetahui hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan untuk masuk dan berkuliah ke jurusan itu.
4. Lihat Situasi dan Kondisi
Setelah semua sudah kamu ketahui, kamu juga harus melihat situasi dan kondisi yang ada. Yang pertama dalam hal financial. Jangan memaksakan diri jika memang keluarga tidak bisa mendukung secara finansial. Solusinya? cari beasiswa. banyak yang menawarkan beasiswa dengan berbagai jenis, jangan sia-sia kan kesempatan ini. Yang kedua dalam hal kemampuan. Pastikan bahwa kamu memiliki kemampuan yang cukup untuk masuk ke jurusan yang kamu minati. Sekali lagi jangan pernah memaksakan diri.
5. Persiapkan Diri
Jurusan yang diminati sudah ada, dukungan orang tua sudah ditangan, info sudah cukup lengkap, situasi dan kondisi memungkinkan, lalu apa lagi? saatnya kamu mempersiapkan dirimu untuk masuk ke jurusan tersebut. Cari tahu tes apa yang akan diujikan dan tingkat/grade dari jurusan tersebut. Selanjutnya persiapkan dirimu untuk mengikuti Ujian masuk dan raihlah jurusan favoritmu itu.
Semoga tips singkat di atas bisa membantu kamu semua dalam menentukan jurusan di Perguruan Tinggi. Jangan pernah menyerah untuk meraih cita-cita dan SEMANGAT !

from http://infoedukasi.net/2012/01/25/kuliah-jangan-asal-pilih-jurusan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar